VIVA.co.id – Lampu belakang All New Pajero Sport memang masih menuai kontroversi. Meski mengusung tampilan yang beda dari model mobil sejenisnya, namun ternyata masih ada yang menganggap desain itu aneh.

Tapi ternyata, menurut Pereli Nasional sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, desain lampu pada All New Pajero Sport memiliki fungsi tersendiri.

Kata Rifat, lampu belakang desain itu memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Terutama saat pengemudi mengendarai mobil ini pada malam hari.

Rifat menuturkan setidaknya ada tiga fungsi penting dari desain lampu tersebut. “Pertama, di Eropa, mobil besar sudah menggunakan lampu belakang model vertikal. Itu berfungsi supaya mudah diidentifikasi dari kejauhan,” ujar Rifat saat ditemui di kawasan Sanur, Bali, Sabtu, 14 Mei 2016.

Lebih lanjut Rifat menjelaskan, dengan lampu vertikal, maka pengemudi yang berada di belakang mobil dapat mengidentifikasi dan mengukur kedua sisi mobil, baik dari kanan maupun kiri.

Sedangkan lampu yang lebih lebar dan menyala hanya pada bagian atas, kata Rifat, belum tentu dapat memprediksi mobil dari kejauhan.

“Tapi kalau lampu posisinya memanjang ke bawah, bisa diukur dengan baik dari belakang. Sehingga pengendara bisa memprediksi,” ujar Rifat.

Fungsi ketiga, lanjutnya, desain yang unik dan berbeda dapat membuat trademark Mitsubishi, sehingga berbeda dari mobil umumnya.

Terlebih lagi, kata Rifat, bagian depan mobil ini telah dilengkapi Daytime Running Light (DRL) dengan mengusung konsep Dynamic Shield.

“Jadi, salah kalau ada yang bilang aneh karena desain asal. Karena ini ada fungsinya,” tegasnya. (ase)

sumber berita : http://www.viva.co.id/otomotif/review/772392-rifat-sungkar-ungkap-fungsi-lampu-belakang-pajero-sport

Leave A Comment