Mitsubishi Xpander sebelum launching di pasaran indonesia telah melakukan beberapa tes di antara nya adalah uji tabrak

 Jangan beli kucing dalam karung . Begitu juga memilih mobil keluarga. Mitsubishi Xpander yang baru dirilis dalam ajang GIIAS 2017 membuktikan lolos uji tabrak ASEAN NCAP sesuai klaim mereka. Dapat berapa bintang ya?

“Kami sudah melakukan serangkaian pengujian tabrak di pusat riset dan pengembangan (R&D) Mitsubishi Jepang,” terang Takaaki Kishii, Chief Product Specialist – Product Strategy Division Mitsubishi Motor Corp.

“Bahkan kami pun sudah melakukan crash test dan mendapat rating dari ASEAN NCAP,” tegasnya.

Sayangnya Kishii tak memaparkan berapa peroleh bintang pada crash test tersebut. Bahkan video yang beredar lewat Youtube itu pun tak menampilkan rating ASEAN NCAP.

Tapi jika menilik dari hasil tersebut, dapat dikatakan Mitsubishi Xpander memiliki poin yang cukup baik dari beragam sektor.

Saat uji tabrak gunting dari arah depan dengan kecepatan 64 km/jam sebagai standar pengujian, pintu depan dan belakang tidak mengalami perubahan bentuk alias masih dapat dibuka.

Begitu pun saat ditabrak dari belakang dengan kecepatan 50 km/jam. Crumple zone yang dirancang engineer Mitsubishi mampu melindungi kabin penumpang.

Bahkan side impact beam yang merupakan perlindungan penumpang saat benturan samping, juga lolos dengan hasil yang tergolong baik.

Desain bumper yang besar ternyata tetap aman untuk meredam benturan, sehingga nggak memberi dampak yang terlampau buruk untuk pejalan kaki.

Bentuk besarnya, juga mampu mengarahkan banyak aliran udara ke samping agar Mitsubishi Xpander tetap aerodinamis.

Jadi aliran di kolong mobil pun dapat direduksi seoptimal mungkin agar tidak memberi dampak buruk terhadap kestabilan di kecepatan tinggi.

Ditambah, Mitsubishi pun mengklaim mengadopsi teknologi Lancer Evolution di suspensi belakang Xpander.

Irawan Syah Siregar selaku Section Head Field PC Quality Support Section, Sales & Marketing Division PT MMKSI mengatakan bahwa pada valve absorber di sokbreker menggunakan jenis high performance.

Jadi kemampuan redaman terhadap gerakan per lebih baik di setiap tingkat kecepatan.

Mitsubishi pun turut mengklaim bahwa Mitsubishi Xpander tetap aman saat melewati genangan hingga setengah dari ketinggian ban.

Bahkan dari gambar, Mitsubishi Xpander dapat melewati genangan air sedalam 0,5 meter, dimana ketinggian air hampir mencapai tinggi ban yang memiliki diameter total 631,9 mm untuk ukuran ban 205/55 R16.

Apalagi ground clearance Mitsubishi Xpander juga sudah tinggi, mencapai 205 mm. Plus posisi intake manifold Yang memang dirancang berada di atas agar aman saat menerjang genangan air.

Wajar saja jika Mitsubishi Xpander kini menjadi produk paling dicari saat ini.

Leave A Comment