Pembersih kaca mobil, atau wiper merupakan salah satu komponen yang sering dilupakan perawatannya. Biasanya, pemilik mobil akan lebih memeriksa kaca apabila jarak pandang terganggu ketika sedang hujan.

Karena itu, jangan sampai wiper mengalami masalah. Pemilik harus rajin melakukan pengecekan kondisi wiper yang digunakan, sehingga dapat berfungsi sempurna.

Lalu, bagaimana cara mengecek dan merawat penghapus kaca mobil yang benar? Berikut, tips yang diungkapkan oleh pemilik bengkel Orange Garage, Octa Bond, ketika berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis 29 Juni 2017.

Memeriksa wiper

Pemilik kendaraan perlu mengecek kondisi karet pada wiper. Pastikan bahwa karet tersebut masih elastis. Karena, apabila karet sudah mengeras, fungsi dari wiper pasti sudah tidak sempurna lagi.

Ciri utama karet wiper yang sudah saatnya diganti ialah keras dan tidak fleksibel. Apabila dibiarkan dapat membuat kaca Anda tergores. Selain itu, juga akan meninggalkan bekas-bekas yang bisa mengganggu pandangan. Karet wiper sudah buruk, apabila air yang tersapu pada kaca tidak merata.

Selain itu, lihat dengan teliti apakah ada yang sobek pada karet. Karena itu, juga dapat mengurangi kemampuan wiper membuang air.

Merawat wiper

Salah satu upaya sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi wiper, yaitu dengan mendirikan wiper, saat mobil diletakkan di bawah sinar matahari. Meski terkesan sepele, hal ini dapat mengatasi sengatan sinar matahari secara langsung.

Cara ini biasa dilakukan untuk dapat menjaga dan mempertahankan kualitas karet wiper. Pada umumnya, sinar matahari langsung yang menyengat kaca akan membuat temperatur kaca naik. Panas yang berlebih akan membuat karet wiper semakin memuai, yang kemudian disusul dengan perubahan pada karet wiper. Saat dioperasikan, wiper dapat akan menggores kaca mobil.

Saat mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan karet wiper, karena biasanya banyak polusi udara dan minyak yang menempel. Setelah dicuci jangan lupa dilap hingga bersih. (asp)

sumber berita : http://www.viva.co.id/otomotif/mobil/930472-cara-ampuh-agar-wiper-mobil-berumur-panjang

By | 2017-10-05T18:07:55+00:00 Oktober 5th, 2017|tips and trick|0 Comments

Leave A Comment