Mungkin tidak banyak yang tahu kalau sejarah mobil penumpang pertama di Jepang itu adalah mobil buatan Mitsubishi di tahun 1917. Ya, Mitsubishi yang saat itu merupakan produsen mesin kapal laut berhasil merakit Mitsubishi Model A di perakitan kapal di Kobe Shipyard milik Mitsubishi Shipbuilding Co., Ltd. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1870 silam oleh Yataro Iwasaki.

Dalam hal desain, Model A ini dibangun berdasarkan referensi dari mobil Eropa. Model ini diproduksi menggunakan sketsa dari basis mobil yang sudah dilepas per bagiannya. Mesinnya sendiri dibuat dari cast iron atau besi tuang, sementara sasis dari bahan baja dan interiornya dibuat dari kayu oleh desainer yang membuat kereta kayu ternama saat itu.

Mobil ini juga dilengkapi oleh lampu depan menggunakan gas, klakson terompet dan cangkang bodinya yang terbuat dari baja ditempel ke rangka kayu. Sementara material interiornya menggunakan bahan kain mewah buatan Inggris.

Mobil empat pintu ini mampu memuat hingga tujuh penumpang. Untuk tenaganya, mobil Mitsubishi Model A ini dilengkapi dengan penggerak belakang dan memiliki tenaga 35 hp yang berasal dari sumber tenaga bensin 4-silinder 2.800 cc. Mobil penumpang pertama di Jepang ini sanggup melesat hingga kecepatan tertingginya 97 km/jam.

Model A ini dipamerkan di Fukuoka Expo pada tahun 1919 bersama dengan mesin pesawat yang juga diproduksi oleh Kobe Shipyard. Penjualan Model A ini dilakukan oleh Ote Company, yaitu dealer Mitsubishi pertama yang juga perusahaan rekanan antara Mitsubishi Shipbuilding dengan Mitsubishi Corporation.

Mobil ini diproduksi oleh Mitsubishi selama empat tahun mulai 1917 hingga 1921 dan total ada 22 unit termasuk mobil prototipenya.
( Sumber : www.mitsubishi-motors.co.id

By | 2020-05-23T01:35:12+00:00 Mei 23rd, 2020|Tak Berkategori|0 Comments

Leave A Comment

Chat with me